• Promo Update

    Selamat datang di WWW.MAINQQ.COM | Mainqq hadirkan game terbaru SAKONG | Bonus Referral 20% | Cashback 0.5% dibagikan setiap minggunya | Link alternatif » ♣ WWW.MAINQIU.COM | ♠ WWW.IDMAINQQ.COM

    Kamu Pasti Nggak Nyangka Cremona Adalah Kota Juara Penghasil Biola di Italia!


    Terletak di sebelah utara Italia, Cremona berjarak kurang lebih 5 jam perjalanan darat dari Roma, ibu kota Italia.

    Jika dibandingkan dengan nama Roma, Milan, dan Napoli, nama Cremona mungkin memang jarang dikenal, terutama dalam hal pariwisata. Tapi untuk urusan Biola, tak ada yang menyangkal bahwa Cremona adalah juaranya.


    Cremona adalah kota penghasil biola nomor satu di Italia. Bisa dibilang, biola terbaik di Italia dihasilkan di Kota Cremona. Dan fakta itu sudah bertahan selama kurang lebih 5 abad lamanya.

    Di kota ini ada kurang lebih 100 bengkel seni yang memproduksi biola, serta alat musik gesek lainnya. Alat musik gesek dari Cremona memang terkenal akan kualitasnya dan sudah digunakan oleh musisi terkenal dari berbagai belahan dunia.


    Sejak abad ke-16, Cremona memang dikenal sebagai rumahnya para pembuat biola jagoan. Tercatat nama-nama Master Pembuat Biola tersohor seperti Antonio Stradivari hingga Nicolo Amati yang berasal dari Cremona. Para ahli pembuat biola ini sendiri mendapat sebutan sebagai 'Liutaia'.

    Pembuatan biola oleh para 'Liutaia' ini tidaklah sembarangan. Bisa memakan waktu yang sangat panjang, sampai berbulan-bulan. Semua itu demi mendapatkan kualitas nomor satu. Beberapa 'Liutaia' ternama bahkan hanya mampu memproduksi kurang lebih 6 atau 7 biola setiap tahunnya.


    Itu disebabkan karena tingkat kerumitan dan ketelitian dalam membuat biola yang sangat tinggi. Ada proses yang sangat panjang di dalam rangkaian pembuatannya. Mulai dari pemilihan kayu sebagai bahan baku, membuat model, pengecekan nada, hingga sampai tahap terakhir, yaitu finishing.

    Tak heran jika satu buah biola yang dihasilkan oleh para master biola di Cremona harganya bisa sangat mahal, karena eksklusif. Satu buah biola master dari Cremona dihargai bisa sampai 20.000 Euro (setara Rp 240 juta).


    Salah satu 'Luitaia' ternama di era sekarang adalah Edgar Russ, yang lahir di Austria namun telah menetap di Cremona sejak tahun 1984. Meski sangat menghormati tradisi turun temurun warga Cremona sebagai pembuat Biola, namun Edgar mengaku sangat susah untuk bertahan hidup jika tetap mempertahankan tradisi tersebut.

    Salah satu 'Luitaia' ternama di era sekarang adalah Edgar Russ, yang lahir di Austria namun telah menetap di Cremona sejak tahun 1984. Meski sangat menghormati tradisi turun temurun warga Cremona sebagai pembuat Biola, namun Edgar mengaku sangat susah untuk bertahan hidup jika tetap mempertahankan tradisi tersebut.


    Edgar pun menawarkan jenis biola yang grade-nya berada di bawah 'Master Biola'. Di bengkel seninya, Edgar membuat jenis biola untuk pemula, serta biola jenis 'Linea Macchi', sebuah biola untuk pemain biola profesional namun dengan harga yang lebih terjangkau, tidak semahal 'biola master'.

    "Sungguh sangat menggembirakan bila aku bisa membuat sesuatu yang berbeda, tidak seperti biola kebanyakan. Meskipun kamu tidak bisa memainkannya, tapi kamu akan senang hanya dengan menggenggamnya. Sungguh sangat cantik, dan bisa menghasikan suara yang sangat indah," ujar Edgar.






    Kalau kamu pecinta musik, terutama yang bisa memainkan instrumen biola dan kebetulan berencana liburan ke Italia, mungkin bisa mampir ke Kota Cremona. Saatnya berwisata yang sedikit berbeda dari Kota Roma atau pun Milan, melihat aneka workshop biola di Cremona. Siapa tahu, ada biola yang harganya cocok untuk dibawa pulang.


    No comments:

    Post a Comment