• Promo Update

    Selamat datang di WWW.MAINQQ.COM | Mainqq hadirkan game terbaru SAKONG | Bonus Referral 20% | Cashback 0.5% dibagikan setiap minggunya | Link alternatif » ♣ WWW.MAINQIU.COM | ♠ WWW.IDMAINQQ.COM

    10 Tips Untuk Dicoba buat Kamu yang Suka Menata Barang ala Jepang!


    Suka sebal nggak sih, kalau barang kalian berserakan dan berantakan dimana – mana? Sudah dibereskan, tapi masih saja tetap berantakan dan berceceran. Belum lagi barang yang hilang dari tempat dibereskan, pusing lagi nyari barangnya, kan? Tapi tenang, sekarang ada trik merapikan barang ala Jepang yang bisa kamu terapkan di rumah.

    Ada seorang penulis asal Jepang bernama Mari Kondo, yang menerbitkan buku berjudul The Life Changing Magic of Tidying Up. Buku ini mengajarkan jutaan orang diseluruh dunia untuk menghilangkan barang yang tidak kita butuhkan, dengan tujuan hanya menyimpan barang – barang yang bisa membawa kebahagiaan untukmu. Penasaran, kan? Yuk, kita lihat triknya:

    #1 Tentukan barang yang dapat membuatmu nyaman

    Pegang setiap barang di tanganmu dan tanyakan ini ke dirimu sendiri, “apakah barang ini membuatku senang?” terus ke setiap barangmu. Simpan barang – barang yang bisa membuatmu merasa nyaman dan positive vibes dalam hidupmu. Barang ini bisa mulai dari buku hingga baju maupun foto.

    #2 Penyimpanan vertikal

    Mari Kondo menciptakan ide baru untuk tempat penyimpanan barang, yaitu menyimpan secara vertikal atau tegak lurus. Menurut Mari, kalau kita menaruh barang secara vertikal maka kita tidak akan melupakan barang tersebut. Barang yang kita miliki juga tidak akan terselip dibawah tumpukan barang lain, dan mudah untuk diatur agar rapi.

    #3 Menyimpan makanan dalam jenis wadah yang sama

    Produk makanan biasanya terjual dalam jenis wadah penyimpanan yang berbeda. Mulai dari karton, kaleng, hingga botol seperti kaca dan plastik. Kalau disimpan dalam lemari makanan, akan menimbulkan bunyi berisik yang ditimbulkan dari macam wadah tersebut. Mari menyarankan untuk menyimpan barang dalam wadah dengan jenis yang sama, dengan pemberian label yang berbeda. Selain lebih rapi, suara yang ditimbulkan saat membuka lemari juga tidak akan berisik, lho!

    #4 Membuang semua barang yang tidak kamu butuhkan

    Agar rumahmu tertata dengan baik, kamu harus berhenti untuk memindahkan barang dari satu tempat ke tempat lain. Tentukan dulu barang apa saja yang penting untuk berada di rumahmu, kemudian kamu bisa deh membereskan ruangan dan mengkreasikan ruanganmu sendiri.

    #5 Taruh barang dalam setiap kategori

    Dalam bukunya, Mari Kondo menyarankan untuk menaruh barang dalam setiap kategori terlebih dahulu kemudian putuskan barang yang mana akan kamu simpan. Dengan cara seperti ini, kamu bisa mengestimasikan total barang yang kamu miliki, sehingga tidak akan bertambah atau berkurang.

    #6 Tata baju dengan cara digantung

    Hal paling penting yang harus diperhatikan pada saat menyimpan barang adalah bisa melihat semua baju yang kamu pakai setiap waktu. Mulai dari baju formal hingga baju tidur. Cara mudahnya adalah kamu bagi bajumu kedalam setiap warna dan tipe yang sama, sehingga kamu nggak perlu membeli baju yang sudah kamu miliki lagi.

    Selain itu, akan lebih baik kalau kamu menaruh baju dengan tergantung menggunakan hanger, bukan dilipat. Gantungnya pun harus rapi dan tersusun ya, dimulai dari kiri ke kanan. Jadi nantinya bajumu akan tersusun lebih rapi deh!

    #7 Menata tas tersendiri

    Coba deh mulai sekarang kosongkan tas kamu setiap hari. Hal ini membantu banget lho, untuk tahu barang mana yang kamu butuhkan dan tidak untuk esok hari. Agar bentuk tasmu tetap terjaga, taruh tasmu dalam rak kanvas yang bisa menjaga bentuk tasmu. Dijamin awet, deh!

    #8 Atur penempatan foto

    Foto memang menjadi sumber kenangan tak bergerak yang akan selalu kita kenang. Tapi seringkali, penataan foto yang “kacau” bisa membuat rumahmu seakan berantakan dan tidak terurus. Biar gampang, coba deh taruh foto – foto yang memang berkesan dan penting dalam hidupmu. Selain akan lebih tertata, kamu pun juga akan menyukai hiasan foto dirumahmu, kan?

    #9 Manfaatkan sebagian ruangan untuk rak buku

    Ada dua kategori buku yang kamu perlu singkirkan: buku yang kamu sudah baca dan terlupakan, serta buku yang kamu ingin baca sejak lama tapi belum dibaca hingga saat ini. Setelah kamu membagi buku menjadi kategori tersebut, putuskan buku mana yang akan kamu sumbangkan, dan mana yang akan kamu simpan. Untuk menyimpan buku – buku favoritmu, optimalkan kapasitas ruangan dengan membuat rak di tembokmu. Pasti akan lebih keren!

    #10 Penataan rak kerja vertikal

    Ruang kerja adalah tempat untuk kamu beraktivitas sekaligus berkreasi. Jadi kalau berantakan pasti akan membuat kamu “sumpek” dan nggak bisa produktif, kan? Coba deh atur ruang kerjamu dengan membuat rak vertikal yang bisa menyimpan banyak berkasmu. Selain akan memberikan banyak ruang untuk menyimpan, rak vertikal mempunyai aura tersendiri untuk membuat ruang kerjamu jadi rapi dan tertata.

    Nah sekarang sudah tahu kan, penataan ruangan yang pas seperti apa? Nggak perlu sekolah tata dekor kok untuk penataan ruangan yang cozy dan homey. Terapkan ini dirumah, dijamin rumahmu akan terkesan rapi dan juga artsy!

    No comments:

    Post a Comment